Rabu, 06 Oktober 2010

POLIO

       Polio adalah penyakit yang disebabkan virus polio yang bernama Picornavirus. Meskipun ukurannya sangat kecil, virus ini bisa menyebabkan kelumpuhan. Dalam dunia kedokteran penyakit ini disebut poliomyelitis.
       Virus ini ditularkan melalui kontak dengan orang yang sudah tertular virus polio. Virus ini hanya bisa hidup dan berkembang dalam tubuh manusia. Di luar itu, virus ini tidak dapat bertahan lama. 
        Penularannya bisa lewat makanan, minuman, atau percikan ludah. Kemudian virus ini akan berkembang biak di tenggorokan, usus, menyebar ke kelenjar getah bening, masuk ke dalam darah, serta menyebar ke seluruh tubuh. Sasaran utamanya sistem syaraf. Bisa otak, sumsum tulang belakang, dan serabut syaraf dalam tubuh. Yang paling suka diserangnya adalah syaraf penggerak otot tungkai, kaki, atau kadang-kadang tangan. Akibatnya adalah kelumpuhan dan mengecilnya ukuran tungkai. Kalau sudah menyerang otak, penderita akan sulit menelan makanan, sesak napas, bahkan bisa menimbulkan kematian.
        Gejala awal orang yang terkena polio biasanya hanya berupa demam, lemah, mengantuk, sakit kepala, mual, muntah, susah buang air besar, dan sakit tenggorokan. Gejala itu biasanya akan cepat menghilang. Namun, tak lama kemudian virus itu akan mulai menyerang dan penderita akan merasa kejang otot, sakit punggung dan leher. Terakhir barulah lemas-lemas, yang mengakibatkan kelumpuhan. Virus ini lebih sering menyerang bayi dan anak balita, karena kekebalan tubuhnya masih lemah. 
        Untuk mencegak tertular virus ini, semua anak di bawah satu tahun harus diimunisasi polio. Dan mengikuti setiap Pekan Imunisasi Nasional yang diadakan pemerintah. Sampai saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit itu. 
        Hal ini yang menghambat menyebarnya virus ini adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satunya dengan cara makan makanan bersih dan bergizi. Lalu menjaga kebersihan diri sendiri, rumah, dan lingkungan sekitar.


SUMBER : MAJALAH BOBO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar